Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Pengelolaan Keuangan K/L Harus Berkualitas

 Jakarta, 08/03/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menegaskan, kinerja penyerapan anggaran kementerian/lembaga (K/L) ke depannya harus lebih efektif dan efisien, sehingga peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat meningkat. Hal ini ia sampaikan pada Kamis (7/3) di Jakarta.

Untuk mendorong hal tersebut, Kementerian Keuangan terus mendorong penerapan reward and punishment di lingkungan pemerintahan saat ini. Bahkan, menurut Menkeu, penerapan kebijakan tersebut ke depannya akan diperkuat dengan adanya Keputusan Presiden (Keppres)."Sudah kita lakukan selama dua tahun terakhir ini, bahkan reward and punishment  ini akan dibentuk dalam suatu Keppres supaya lebih mengikat pada K/L untuk betul-betul memperhatikan realisasi anggaran," jelasnya.

Dengan penguatan kebijakan tersebut, Menkeu berharap, kesadaran K/L dalam meningkatkan pengelolaan keuangannya yang lebih efektif dan efisien dapat terwujud. "Bukan hanya dari sisi penyerapannya tinggi, tapi output dan outcome-nya tinggi. Kita kan tidak ingin anggaran itu terserap habis tapi outcome-nya tidak sesuai dengan yang kita inginkan," tuturnya.(rja)