Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Perlu Evaluasi dan Refleksi Untuk Perbaikan Kualitas BLU

Jakarta, 23/11/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, perlu evaluasi untuk memperbaiki kualitas pelayanan Badan Layanan Umum (BLU). Selain itu, refleksi juga perlu dilakukan untuk memetakan aset negara yang dikelola BLU.

“Dalam rangka peringatan 10 plus satu tahun sejak BLU pertama kali ada, sudah seharusnya dilakukan evaluasi, refleksi balik dan bagaimana kita memperbaiki kualitas pelayan publik melalui BLU dan memetakan aset negara yang dikelola BLU untuk kepentingan kinerja BLU sendiri, sehingga dapat dinikmati masyarakat,” jelasnya dalam Rapat Koordinasi BLU Tahun 2016 di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (22/11).

Tantangan utama BLU, lanjutnya, adalah menggunakan aset publik tetapi harus memiliki naluri sebagai swasta, yang memikirkan kepuasan pelanggan, yaitu masyarakat umum. Ia menambahkan, aset yang dimiliki BLU saat ini tergolong cukup banyak, mencapai Rp370 triliun, yang perlu dipastikan optimalisasinya. Namun, karena tujuan utama BLU bukan untuk komersialisasi dan menghimpun keuntungan, optimalisasi aset tersebut hendaknya digunakan untuk mendahulukan kepentingan masyarakat.

“Kementerian/lembagalah yang memiliki kompetensi dan juga tanggung jawab untuk menetapkan kinerja yang merupakan kombinasi antara kinerja dari sisi layanan umum dan dari sisi corporate governance, yaitu tata kelola untuk menciptakan efisiensi dan kinerja internal dari BLU itu sendiri,” tambahnya.(ws)