Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Pimpin Development Commitee dalam IMF-World Bank Spring Meetings

Washington D.C., 17/04/16 Kemenkeu - Bertempat di Preston Auditorium, Gedung Bank Dunia, Washington D.C., Amerika Serikat, pada Sabtu 16 April 2016, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang P.S. Brodjonegoro selaku Ketua Development Commitee (DC) memimpin persidangan Development Commitee, Joint Ministerial Commitee of the Boards of Governors of the Bank and The Fund on the Transfer of Real Resources to Developing Countries.

Dalam sambutannya, Menkeu menyampaikan tujuan dari DC adalah untuk memonitor risiko dan kerusakan yang mungkin terjadi dan mengetahui perkembangan ekonomi terkini dari negara-negara berkembang. "Kami mendapatkan mandat dari WBG (World Bank Group) dan IMF (International Monetary Fund) untuk memonitor risiko dan kerusakan yang mungkin terjadi dan mengetahui perkembangan terkini dari keseimbangan utang bagi negara-negara berkembang", jelas Menkeu dalam sambutannya.

Sebagai informasi, DC merupakan komite dari World Bank yang beranggotakan seluruh Gubernur dari negara anggota World Bank di seluruh dunia. Indonesia melalui Menkeu berhasil mengukir sejarah dengan menduduki posisi Ketua DC untuk pertama kalinya yang berasal dari Warga Negara Indonesia. Posisi Ketua DC ini dipilih berdasarkan kapasitas individual secara sangat selektif dari banyak kandidat negara-negara anggota. Masa jabatan untuk posisi Ketua DC paling sedikit dua tahun dengan kemungkinan diperpanjang menjadi tiga tahun berdasarkan persetujuan Dewan Gubernur dari negara-negara anggota. (ark)