Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Resmikan VAT Refund for Tourist di Bandara Ngurah Rai

Jakarta, 4/10/2013 MoF (Fiscal) News – Hari ini, Jumat (4/10), Menteri Keuangan M. Chatib Basri didampingi oleh Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono, meresmikan tempat layanan VAT (Value Added Tax) Refund for Tourist. Acara peresmian yang berlangsung di Bandara Internasional Ngurah Rai ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan kunjungan Menteri Keuangan di Bali.
Layanan VAT Refund for Tourist ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada turis asing, dengan memberikan kemudahan dalam rangka pengembalian (refund) Pajak Pertambahan Nilai (PPN) barang yang dimanfaatkan di luar negeri. Layanan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan mengacu pada standar dan praktik internasional yang juga dilaksanakan di banyak negara maju, terkait penerapan international fairness practice pajak atas konsumsi.
Menkeu memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas kerjasama antara DJP dengan DJBC. “Ini merupakan bentuk nyata dari sebuah sinergi yang dilakukan oleh dua unit eselon I terbesar di Kementerian Keuangan,” ungkapnya.
Saat ini, DJP telah menyediakan layanan VAT Refund for Tourist di 5 bandara internasional yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar, Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan Bandara Internasional Kuala Namu Medan.
Pelayanan VAT Refund for Tourist ini telah mengalami peningkatan mutu (upgrading) aplikasi dari yang sebelumnya, sehingga pelaksanaannya dapat mencapai tingkat pelayanan yang lebih baik bagi turis. Diharapkan layanan VAT Refund for Tourist ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara, serta mampu mendukung peningkatan perdagangan internasional. (anh)