Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: RI Harus Tingkatkan Keterlibatan Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur

Jakarta, 25/05/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menekankan pentingnya deregulasi untuk memastikan keterlibatan sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Hal ini ia sampaikan pada seminar Indonesia Infrastructure Finance yang diselenggarakan pada Selasa (24/5) di Jakarta.

Sebagai perbandingan, Menkeu menceritakan mengenai Turki yang merupakan negara berkembang yang tergabung dalam kelompok G20. Saat ini, Turki berencana membangun bandar udara terbesar di dunia dengan lima landasan pacu tanpa menggunakan anggaran negara sedikit pun. Sementara pada saat yang sama, bandar udara Soekarno-Hatta di Indonesia hanya menambah terminal penumpang saja.

"Indonesia seperti siswa sekolah dasar dalam hal keikutsertaan swasta dalam membiayai proyek infrastruktur, sedangkan Turki sudah mencapai tingkat mahasiswa. Indonesia perlu lebih agresif lagi jika ingin mempercepat pembangunan," jelas Menkeu.

Menkeu menambahkan, dalam skema Public Private Partnership (PPP), saat ini pemerintah bertindak sebagai public dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai private. Indonesia perlu memodifikasi hal ini, sehingga posisi BUMN menjadi public dan sektor swasta sebagai private. Menkeu berpendapat bahwa sektor swasta akan diuntungkan dalam kerja sama dengan BUMN pada pembangunan proyek infrastruktur.(ws)