Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Sahkan Treasury Notional Pooling


Jakarta, 02/12/2011 MoF (Fiscal) News -
Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengesahkan penerapan Treasury Notional Pooling pada rekening lainnya. Hal ini dituangkan dalam PMK nomor 152/PMK.05/2011 yang telah ditetapkan di Jakarta pada 12 September 2011, dan mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Proses pengundangannya sendiri telah dilakukan pada tanggal yang sama oleh menteri Hukum dan HAM, saat itu, Patrialis Akbar .

Treasury Notional Pooling adalah sistem untuk mengetahui posisi saldo konsolidasi dari seluruh rekening bendahara pengeluaran, rekening bendahara penerimaan, dan rekening lainnya milik Bendahara Umum Negara/ Kementerian/ Lembaga/ Satuan Kerja yang terdapat pada seluruh Kantor Cabang Bank Umum/ badan lainnya yang bersangkutan tanpa harus melakukan perpindahan dana antar rekening.

Sementara itu, yang dimaksud rekening lainnya adalah rekening pada Bank Umum/ badan lainnya yang dibuka oleh Bendahara Umum Negara/ Kementerian/ Lembaga/ Satuan Kerja, sesuai tugas dan fungsinya yang digunakan untuk menampung Uang Negara sesuai ketentuan. “Dalam rekening lainnya ini, disimpan uang Negara yang tidak ditampung dalam Rekening Penerimaan dan Rekening Pengeluaran milik Bendahara Umum Negara/ Kementerian/ Lembaga/ Satuan Kerja. (ikd)