Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Saksikan Penandatanganan Pembelian Saham Newmont

 
 

Jakarta, 06/05/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Tahun 2010. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Soritaon Siregar, Direktur Utama NNT Martiono Hadianto, Direktur Nusa Tenggara Partnership BV Toru Tokuhisa, dan Vice President Deputy General Counsel and Corporate Development Newmont  Blake Rodhes, di Aula Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (06/05).

Pemerintah pusat berhasil membeli 7% saham NNT dengan nilai 246,8 juta Dolar, dimana harga awal yang ditawarkan adalah 271 juta Dolar. “Kami menyambut baik kesepakatan, kesepahaman dan tindak lanjut dari instruksi kami tanggal 14 April 2011 untuk PIP mewakili pemerintah membeli saham PT NNT,” ungkap Menkeu. Lebih lanjut Menkeu menyampaikan, perbaikan nilai saham tersebut merupakan harga yang baik dan sesuai kesepakatan.

Dengan masuknya pemerintah Pusat sebagai pemegang saham, PIP akan bekerjasama dengan pemegang saham nasional untuk menyamakan visi dan meyakinkan bahwa pemegang saham Indonesia, akan menjaga dan mengawal NNT untuk dapat berkembang dengan baik. “Dan betul-betul menjunjung tinggi good governance serta dapat kita banggakan,” jelas Menkeu.

Dengan demikian, Indonesia memiliki 51% saham NNT dengan 20% saham milik pendiri NNT Jusuf Merukh, 24% saham Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan investor, serta 7% saham pemerintah pusat. “Kami dari pemerintah pusat meyakinkan bahwa kami akan memperhatikan daerah dimana adanya NNT, dan ini sebagai rujukan bagi joint venture yang ada, dimana divestasi harus dilakukan dengan taat azas,” tukas Menkeu.
(sgd)