Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Sambut Baik Capaian Pertumbuhan Ekonomi 2012

Jakarta, 5/2/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menyambut baik capaian pertumbuhan ekonomi pada 2012 sebesar 6,23 persen. Meskipun tidak mencapai target, sebesar 6,5 persen dalam APBN-P 2012, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia  tetap tinggi di tengah krisis ekonomi global saat ini.

"Jadi satu pencapaian yang tetap baik, kita kan tahu bahwa selama 5 tahun terakhir kita ada di kisaran 5,9 persen rata-rata, itu bisa dikatakan deviasi pertumbuhan ekonomi di dunia paling kecil, Indonesia," ujar Agus di Jakarta, Selasa (5/2).

Agus mengatakan, pemerintah akan terus menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya. Bahkan dengan berbagai upaya dilakukan, pada tahun ini diharapkan dapat meningkat sehingga mencapai target APBN 2013 sebesar 6,5 - 6,8 persen.

Meski demikian, menurutnya, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan pemerintah. Misalnya, terkait menjaga kekuatan fiskal pemerintah dengan memastikan belanja pemerintah efisien.

Selain itu menurutnya, iklim investasi yang sedang baik saat ini harus benar-benar dijaga. Sehingga arus investasi masih akan deras ke depannya.

"Tantangannya, terkait dengan menjaga belanja negara. Kita kan punya porsi yang cukup besar di subsidi, kita harus jaga penerimaan negara, kita juga harus jaga investasi di Indonesia terus berkembang," tuturnya. (rja)