Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Sambut Baik Ide Branchless Banking

Jakarta, 07/03/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menyambut baik ide konsep bank tanpa cabang (Branchless Banking), yang aturannya saat ini sedang disiapkan oleh Bank Indonesia. Menurut Menkeu, branchless banking adalah suatu inisiatif yang baik, di mana nantinya akan membuat sistem pembayaran nasional lebih efisien. Diyakini, bank tanpa cabang akan membuat sistem pembayaran di Indonesia bisa diakses oleh masyarakat secara luas.

"Adanya produk ini betul-betul akan membuat pembayaran nasional menjadi lebih luas dan bisa diakses masyarakat yang selama ini belum terakses, serta membuat efisiensi sistem pembayaran semakin baik. Saya menyambut baik insiatif ini dan akan upayakan itu lebih cepat terwujud," tutur Menkeu, Rabu (06/03).

Insiatif ini, kata Menkeu, tidak perlu diterapkan secara terburu-buru karena mempengaruhi sistem pembayaran nasional yang saat ini ada. Menurutnya, transformasi tersebut akan membuat sistem pembayaran tidak lagi dilakukan secara fisik atau konvensional, tetapi melalui layanan-layanan tanpa cabang, misalnya mobile banking atau internet banking.

Bank Indonesia, kata Menkeu, akan tetap berperan dalam pengembangan inisiatif bank, meskipun fungsi pengawasan perbankan nantinya akan berpindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kalau sistem pembayaran nasional itu nanti tetap akan di BI, nanti pelaku-pelakunya misalnya bank-bank dalam melaksanakan aktivitas harus di supervisi oleh OJK, itu betul. Tetapi untuk membangun sistem pembayaran nasional termasuk inisiatif ini akan tetap BI," kata Menkeu. (nic)