Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Sambut Baik Skema KPBU dalam Pembangunan Tol Batang-Semarang

Jakarta, 28/04/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyambut baik langkah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) pembangunan jalan tol Batang-Semarang yang telah menggunakan skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah-Badan Usaha (KPBU). Menurut Menkeu, keterlibatan badan usaha, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memberikan pengaruh positif bagi akselerasi pembangunan infrastruktur di tanah air.

“Saya apresiasi Menteri Pekerjaan Umum yang bisa membuat jalan tol bisa pakai skema KPBU. Kita ingin proyek infrastruktur yang feasible dilakukan oleh swasta, dilakukan oleh swasta,” jelasnya usai menyaksikan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol, perjanjian penjaminan, dan perjanjian regres proyek jalan tol Batang-Semarang yang dilakukan pada Rabu (27/4) di Gedung Radius Prawiro Kementerian Keuangan, Jakarta.

Dengan keterbatasan pembiayaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), saat ini pemerintah tengah gencar mendorong keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur di tanah air, seperti jalan tol atau bandara besar. Dengan demikian, nantinya pemerintah dapat lebih fokus pada pembangunan infrastruktur dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi tidak menarik minat swasta untuk berinvestasi.

“Tidak semua bisa pakai APBN, karena anggaran ada batasan. Banyak proyek yang tidak harus dilakukan oleh pemerintah, jadi pemerintah bisa fokus pada infrastruktur dasar seperti irigasi, jalan umum, bandara kecil. Sebaliknya, proyek seperti jalan tol, pelabuhan besar atau bandara besar seperti Soekarno-Hatta, adalah proyek-proyek yang sangat layak memakai skema KPBU,” jelasnya.(nv)