Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Selain Aturan, Perlu Logika Untuk Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak

Jakarta, 23/05/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro telah melantik sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan pada Jumat (20/5) di Jakarta. Kepada jajaran pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, selain peraturan perundang-undangan, Menkeu menekankan perlunya penggunaan logika dalam rangka optimalisasi penerimaan perpajakan.

Lebih lanjut Menkeu menerangkan, saat ini masih banyak wajib pajak, khususnya orang pribadi yang belum menjalankan kewajiban perpajakannya dengan benar. Ia mencontohkan, masih ada segelintir wajib pajak orang pribadi yang meskipun membayar pajak, tetapi jumlahnya masih belum sesuai dengan yang seharusnya dibayarkan. Oleh karena itu, menurut Menkeu, kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi masih perlu ditingkatkan.

“Kita tampaknya sudah harus menyadari bahwa apa yang dibayar oleh (wajib pajak) orang pribadi selama ini sangat jauh daripada yang seharusnya, dan kadang-kadang ini tidak sesuai dengan logika yang kita miliki. Jadi kami harapkan Bapak/Ibu yang nantinya di Kanwil khususnya, segenap jajaran di wilayah tersebut untuk mulai lebih aktif melakukan pemeriksaan untuk individu,” jelas Menkeu dalam sambutannya usai pelantikan.(nv)