Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Tahun Depan, Waspadai Perlambatan di Tiongkok

Jakarta, 04/11/2015 Kemenkeu - Tahun depan, Indonesia harus mewaspadai perlambatan ekonomi yang terjadi di Tiongkok. Efek perekonomian Tiongkok ini, menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, akan memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan faktor global lainnya, semisal pengaruh kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed.


“Risiko pertumbuhan di Tiongkok itu yang akan sangat memengaruhi, lebih dari unsur global lainnya, lebih dari pengaruh domestik,” kata Menkeu saat konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta pada Selasa (3/10). Hal ini disebabkan, Tiongkok merupakan salah satu negara tujuan ekspor Indonesia, sehingga jika ekonomi Tiongkok mengalami pelemahan, dapat berpengaruh pada penurunan permintaan komoditas dari Indonesia.


Oleh karena itu, menurut Menkeu, Indonesia harus mulai mengubah jenis ekspor ke Tiongkok, yaitu dari ekspor barang mentah menjadi produk jadi. “Kalau ke Tiongkok kita harus perhatikan. Jadi, kita butuh mendorong ekspor produk jadi ke Tiongkok karena itu yang sedang didorong, yaitu untuk konsumsi,” pungkas Menkeu.(as)