Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Targetkan Perbaikan Penerimaan PPh OP

Jakarta, 10/03/2016 Kemenkeu - Tahun ini, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menargetkan adanya perbaikan pada penerimaan negara dari Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP). Hal ini mengingat kontribusi dari Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 dan 29 OP tahun lalu hanya menyumbang Rp9 triliun, dengan total yang membayar sebanyak 900 ribu WP saja. “Jadi itu nilai yang sangat kecil,” jelas Menkeu saat konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Selasa (08/03).


Menurut Menkeu, dari data DJP, dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 250-an juta jiwa, hanya 27 juta jiwa yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). “Dari yang punya NPWP, yang menyerahkan SPT hanya 10 juta. Dari 10 juta itu, hanya 900 ribu yang membayar PPh OP,” katanya. Inilah area yang menjadi target perbaikan dan peningkatan bagi penerimaan PPh OP.


Oleh karena itu, DJP mengumpulkan seluruh para fungsional pemeriksa yang ada di Indonesia agar seirama dan searah dalam bertindak, untuk mengoptimalkan penerimaan negara. Para fungsional pemeriksa dan penyidik pajak menjadi salah satu langkah awal upaya pemeriksaan kepada kepatuhan WP.


“Ini akan diintensifkan karena bagaimanapun kita dihadapkan pada kenyataan di Indonesia ini soal kepatuhan pajak secara mayoritas, lebih banyak yang tidak patuh dibanding yang patuh. Sehingga fungsi pemeriksaan tetap menjadi hal yang penting,” tegas Menkeu. (as)