Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Tekankan Pentingnya Inovasi Bagi Pembangunan Berkelanjutan

Jakarta, 19/05/2016 Kemenkeu - Inovasi merupakan kebutuhan mendasar bagi pembangunan. Negara memerlukan ide-ide baru agar ekonomi dapat terus bergerak. Hadirnya inovasi terutama didorong oleh kompetisi atau keterbatasan sumber daya. Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam diskusi panel "Leveraging Innovation for Sustainable Development in IsDB Member Countries" sebagai salah satu rangkaian acara Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 di Jakarta Convention Center, Jakarta pada Rabu (18/5).

Menurut Menkeu, kompetisi akan selalu hadir di sektor swasta. Ia mencontohkan, inovasi yang dilakukan oleh ojek online berbasis aplikasi untuk menjawab tantangan dalam bidang transportasi di kota-kota besar di Indonesia saat ini. “Inovasi ojek online ini sebenarnya sederhana, namun memberikan banyak manfaat dalam menciptakan banyak kesempatan kerja,” katanya.

Sementara di sektor publik, Menkeu memberikan contoh inovasi smart card yang akan segera digunakan untuk menyalurkan subsidi bagi rumah tangga kurang mampu. Menurutnya, smart card nantinya dapat mengurangi penyalahgunaan penyaluran bantuan pemerintah, sehingga lebih tepat sasaran.

“Kartu ini (smart card) dapat digunakan untuk penyaluran subsidi pendidikan di sekolah, untuk layanan kesehatan di rumah sakit, untuk membeli bibit pertanian, dan bantuan lain yang sebelumnya diterima penduduk kurang mampu secara tunai,” ungkapnya.(ikd)