Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Tekankan Pentingnya Knowledge Management di Lingkungan Kemenkeu

Jakarta, 19/12/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan (BPPK) pada Senin (19/12) di Aula Gedung B BPPK, Jakarta.

Dalam Rakor yang mengangkat tema ‘Menuju Organisasi Pembelajar Melalui Knowledge Management Kementerian Keuangan’ ini, Menkeu menekankan pentingnya pengetahuan (knowledge) sebagai fondasi untuk membangun bangsa.

Knowledge is so important bukan hanya untuk kita, generasi kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa Indonesia. Kita tidak akan bisa membuka jalan yang lebih baik, kalau kita tidak pernah memandu knowledge itu dari sekarang, sehingga masa depan generasi yang akan datang itu akan memiliki fondasi yang lebih kuat dan semakin baik,” tegas Menkeu.

Oleh karena itu, lanjutnya, harus ada instansi di lingkungan Kementerian Keuangan yang mampu untuk meng-capture, mengelola dan menggunakan pengetahuan. Dalam 10 tahun terakhir, menurutnya, Kementerian Keuangan telah banyak memproduksi pengetahuan, dan hal itu harus ditangkap oleh BPPK yang kini sedang membangun knowledge management Kemenkeu.

"Sense of progress akan muncul secara natural pada saat organisasi itu bisa melakukan knowledge capturing dan managing," ujarnya. Pada kesepatan tersebut, Menkeu juga mengajak seluruh unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan untuk membantu BPPK dalam melakukan knowledge capturing, managing dan menggunakannya.

Sebelumnya, Kepala BPPK Sumiyati mengungkapkan, salah satu kunci utama keberhasilan reformasi di lingkungan Kementerian Keuangan adalah fokus pada perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Sehingga SDM kita benar benar bisa kita gunakan sebagai aset didalam membangun Kementerian Keuangan yang terus berkelanjutan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BPPK terus bekerja keras membangun knowledge management dan terus berupaya untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan seluruh pengetahuan dan pengalaman terutama yang kritikal yang sangat diperlukan dalam membangun Kementerian Keuangan.

Sebagai informasi, Rakor BPPK 2016 ini merupakan program kerja BPPK yang diselenggarakan setiap tahun, yang bertujuan untuk mengembangkan koordinasi antarunit di lingkungan BPPK dan di semua unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan.(hi)