Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara pada acara Diseminasi Dana Desa bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Gemilang, Kabupaten Magelang pada Sabtu (16/12).

Menkeu: Terima Kasih Telah Mengoptimalkan Dana Desa

Yogyakarta, 17/12/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan rasa senangnya terhadap desa di Kabupaten Magelang yang memiliki komitmen untuk terus memajukan masyarakatnya melalui optimalisasi dana desa. Hal tersebut disampaikannya pada acara Diseminasi Dana Desa bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Gemilang, Kabupaten Magelang pada Sabtu (16/12) yang dikemas dalam format dialog interaktif.

"Saya berterima kasih terhadap komitmen tersebut, karena pemerintah dalam hal ini memang menyetujui tadi yang disampaikan bahwa untuk bisa menyejahterakan Negara Republik Indonesia, untuk menjadi negara yang maju, makmur yang adil, maka masyarakat terutama di pedesaan adalah merupakan inti dari masyarakat Indonesia untuk bisa merasakan peningkatan kesejahteraan itu," ungkap Menkeu.

Menkeu menambahkan untuk tahun anggaran 2018, pemerintah menetapkan bahwa bentuk formulasi jumlah uang yang diperoleh dari masing-masing desa akan berubah dari tahun sebelumnya. "Desa yang lebih tertinggal, yaitu yang jumlah masyarakat miskin yang lebih banyak, mereka akan mendapatkan anggarannya lebih banyak dibandingkan dengan desa yang lebih maju," kata Menkeu.

Hal tersebut dikarenakan Presiden menginginkan dari 10,6 persen jumlah masyarakat yang tergolong dalam kelompok miskin, pada tahun 2019 nanti jumlahnya harus di bawah 10%. Bahkan diharapkan tahun depan bisa lebih turun lagi mendekati 9%. "Presiden mengharapkan bahwa uang ini seharusnya bisa memberikan kesejahteraan langsung termasuk menciptakan kesempatan kerja makanya disebutnya memberikan dalam bentuk tunai untuk pekerjaan yang dilakukan di masing-masing desa," jelas Menkeu.

Sebagai informasi, dialog interaktif dengan sejumlah perangkat desa serta pemerintah daerah Kabupaten Magelang juga menghadirkan Menteri Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal Eko Putro Sandjojo sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Wakil Bupati Magelang. (ip/rsa)