Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Jakarta, 18/12/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan M. Chatib Basri menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Presiden Republik Indonesia, atas komitmen Kementerian Keuangan dalam melaksanakan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penghargaan ini diberikan oleh Presiden di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada Rabu (18/12).

Penghargaan APE telah diberikan sejak tahun 2004 dan Pada tahun ini, ada 90 Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan APE. Kementerian Keuangan sendiri menjadi penerima penghargaan APE tingkat utama, di samping Kementerian PPN/Bapenas, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Sejak tahun 2010, Kementerian Keuangan telah mengimplementasikan anggaran responsif gender sehingga program, kegiatan, ataupun output yang dihasilkan harus memperhatikan aspek gender dalam penganggarannya. Selain itu, sebagai wujud penerapan pengarusutamaan gender, di Kantor Pusat Kementerian Keuangan disediakan "nursery room" untuk mengakomodasi keperluan pegawai wanita di Kementerian Keuangan. (fin)