Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Terima Public Health Leadership Excellence Sulianti Saroso Award

Makassar, 03/11/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima penghargaan Public Health Leadership Excellence Sulianti Saroso Award dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Penghargaan diserahkan pada acara Kongres Nasional IAKMI XIII di Makassar, Kamis (03/11).

Dalam keynote speechnya, Menteri Keuangan menyatakan bahwa aspek kesehatan merupakan aspek strategis bagi semua negara di dunia. Semua negara, baik maju maupun berkembang, termasuk Indonesia, ingin menciptakan Universal Health Coverage (UHC). UHC sendiri merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua orang menerima pelayanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa mengalami kesulitan keuangan (financial hardship).

"Aspek kesehatan merupakan aspek strategis di semua negara. Keinginan kita adalah untuk menciptakan Universal Health Coverage, baik persoalan yang muncul, bagaimana kita bisa menunjukkan kepada masyarakat apakah pelayanan kita sudah baik,” terangnya.

Untuk mewujudkan UHC tersebut, lanjutnya, pemerintah berusaha meningkatkan anggaran kesehatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari tahun ke tahun. Peningkatan anggaran tersebut, lanjutnya, harus dibarengi dengan kinerja tenaga kesehatan yang juga semakin baik. “Dengan anggaran yang meningkat, kita harap muncul kinerja yang baik,” tambahnya.

Sebagai informasi, Kongres ini dibuka oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. Kongres bertema “Masyarakat Hidup Sehat dan Bahagia dalam Mencapai SDG 2030” ini dihadiri oleh sekitar 2.000 peserta yang terdiri atas peneliti, dosen, mahasiswa, dan organisasi profesi yang terkait dengan kesehatan masyarakat.(nv)