Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan arahannya dalam acara Executive Gathering 2018 di Aula Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta (22/01)

Menkeu: Tiap Unit di Kemenkeu Harus Saling Sinergi

Jakarta, 22/01/2018 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan perlunya para pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk saling bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal ini disampaikan Menkeu yang didampingi Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo kepada para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenkeu dengan acara yang bertema “Executive Gathering 2018 KolaborAksi: Kolaborasi Untuk Satu Aksi di Gedung Dhanapala, Komplek Kemenkeu, Jakarta, Senin (22/01).

“Saya lebih membawanya (tema APBN) didalam framework kita sebagai sebuah Kementerian  yang memiliki fungsi sebagai pengelola keuangan negara. Jadi mungkin (atas) informasi itu sebagian ada yang sudah very familiar with. Tapi ada yang sebagian untuk connecting the dots itu yang paling penting. Karena kita kadang-kadang tahu informasi tapi kita tidak connects. Dot-nya itu dengan apa yang mesti kita lakukan,” kata Menkeu yang menekankan pentingnya agar seluruh jajaran Kemenkeu mampu melihat tugas dan fungsi masing-masing dikaitkan dengan tugas dan fungsi Kemenkeu secara holistik.

Menkeu menekankankan pentingnya acara ini adalah untuk mendorong terjadinya interaksi antar para pejabat di Kemenkeu. Hal ini diharapkan akan mendorong terjadinya sinergi antar unit-unit di Kemenkeu karena pada dasarnya setiap pekerjaan di Kemenkeu saling berhubungan.

“Saya memberikan dorongan pada  masing-masing untuk saling berinteraksi-lah. Jangan bicara dengan yang comfort partner-nya, yang biasa tapi beyond that. Supaya memahami Kementerian Keuangan sebetulnya is very rich, big institution. Sehingga bisa saling memahami,” jelas Menkeu. 

“Apa yang dilakukan oleh salah satu eselon II itu matters a lot for others,” tambahnya.

Setelah saling memahami, diharapkan para pejabat tidak lagi fokus pada unit kerjanya saja, namun mampu saling membantu pihak lain untuk mencapai tujuan bersama yang telah digariskan oleh Kemenkeu. 

“Artinya kita kerja dimanapun kita berada harusnya saling isi. Kita semua bekerja itu saling berhubungan,” dorong Menkeu.(btr/ind/rsa)