Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Tingkatkan Pusat Logistik di Indonesia

Jakarta, 15/10/2015 Kemenkeu - Pemerintah akan memberikan perhatian secara spesifik kepada pusat logistik nasional. Ini dikarenakan masih rendahnya pusat logistik di Indonesia jika dibandingkan Singapura. “Kalau kita bicara tentang pusat logistik di Asia Tenggara, kebanyakan ada di Singapura. Kenapa? Padahal permintaan terbesar di Asia Tenggara ada di Indonesia. Mestinya kalau mau bangun pusat logistik, ya di Indonesia dimana ada biggest demand-nya,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di seminar yang dilaksanakan oleh Kamar Dagang Amerika (The American Chamber of Commerce in Indonesia) pada Kamis (15/10).


Saat ini, pemerintah tengah berusaha untuk menarik lebih banyak pusat logistik agar ditempatkan di Indonesia, dengan menawarkan beberapa insentif pajak khusus. “Dengan memberikan insentif pajak untuk yang mau membangun pusat logistik di Indonesia, mereka jadi semakin kompetitif,” tambah Menkeu. Menurutnya, sudah ada beberapa investor baru yang berencana mendirikan pusat logistiknya seperti untuk perminyakan.


Menkeu menekankan fokus pemerintah untuk bisa menciptakan iklim bisnis yang lebih baik dan insentif untuk investasi tersebut. “Tentu, untuk Foreign Direct Investment kami masih mencoba menyiapkan better business climate dan insentif,” pungkasnya. (as)