Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Tren Positif Pengelolaan BMN Buah Kerja Keras K/L

Jakarta, 03/11/2015 Kemenkeu - Perubahan paradigma manajemen aset negara telah mampu meningkatkan kinerja pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) selama periode sembilan tahun terakhir. Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro meyakini, tren positif pengelolaan BMN dari tahun ke tahun merupakan buah dari kerja keras usaha Kementerian/Lembaga (K/L).


“Kami meyakini bahwa tren positif penatausahaan dan pengelolaan BMN dari tahun ke tahun merupakan refleksi dari kerja keras dan kontinuitas usaha K/L,” ungkap Menkeu dalam Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan BMN pada Kementerian/Lembaga tahun 2014 di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (2/11).


Ia menambahkan, peningkatan kinerja pengelolaan BMN ini ditandai dengan peningkatan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL). Untuk periode tahun 2004 hingga 2008, LKPP memperoleh opini disclaimer dari BPK dan meningkat menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk tahun 2009 hingga 2014.


“Sedangkan LKKL yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian mengalami peningkatan dari tujuh K/L pada tahun 2006 menjadi 62 K/L pada tahun 2014,” ungkapnya.(nv)