Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Triwulan III, Ekonomi Diproyeksikan Capai 5,8 persen

Jakarta, 31/10/2013 Mof (Fiscal) News – Kementerian Keuangan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada triwulan ketiga sebesar 5,8 persen. Hal tersebut didasari beberapa indikator pemicu pertumbuhan ekonomi yang menunjukan kondisi positif.

"Forecast dari Kementrian Keuangan sekitar 5.8 persen. Kita melihat beberapa leading indicators masih cukup lumayan," ujar Menteri Keuangan M. Chatib Basri di kantornya, Rabu (30/10).

Menkeu mengungkapkan, salah satu indikator ekonomi yang menunjukan kinerja yang positif adalah investasi. Hal tersebut terbukti dengan capaian investasi pada triwulan ketiga yang mencapai Rp100,5 triliun.

"Sales mobil masih cukup tinggi. Bank indonesia sudah mulai melakukan slowdown credit growth, karena kalau dilihat dari penjualan mobil masih tinggi, retail masih lumayan. Angka investments di third quarter Rp100.5 triiliun, jadi kalau dilhat dari situ masih 5.8 persen," tambahnya.

Meskipun masih ada tekanan pada capaian neraca perdagangan yang terlihat dengan menurunnya kinerja ekspor, Menkeu meyakini bahwa dengan adanya perbaikan ekonomi Cina saat ini dapat memperbaiki capaiannya ke depan.

Atas dasar tersebut, hingga akhir tahun diperkirakan pertumbuhan ekonomi ada di kisaran 5,5 - 5,9 persen. "Downside risks dari export masih terjadi tapi Cina dengan growth lebih baik di kuartal tiga sedikit banyak komoditi mulai ada dampak. Tapi paling enggak range-nya masih di 5,5 - 5.9 persen sampai akhir tahun," tuturnya. (rja)