Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Ukir Sejarah Menjadi Ketua DC World Bank

Jakarta, 11/05/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro akan memimpin Delegasi Republik Indonesia untuk menghadiri rangkaian pertemuan musim semi Bank Dunia/Dana Moneter Internasional (the IMF-World Bank Spring Meetings) di Washington D.C., Amerika Serikat. Spring Meetings merupakan ajang pertemuan Dewan Gubernur yang umumnya dijabat oleh Menteri Keuangan/Menteri Ekonomi dan Gubernur Bank Sentral negara-negara anggota IMF dan Bank Dunia. Selain itu, berbagai lembaga dan organisasi keuangan internasional lain, media massa, serta organisasi-organisasi non-pemerintah, akademisi dan sektor swasta juga turut hadir.

“Pertemuan ini adalah (kegiatan) Wold Bank dan IMF. Kalau IMF, Gubernur IMF untuk Indonesia adalah Bank Indonesia. Saya (Menkeu) adalah alternate governor-nya. Kalau untuk World Bank saya (Menkeu) governor-nya”, jelas Menkeu dalam konferensi pers terkait rangkaian kegiatan Menkeu pada IMF-World Bank Spring Meetings di Jakarta pada Senin (11/05).

Agenda utama pada kegiatan tersebut adalah pertemuan Development Committee (DC) yang diketuai oleh Menteri Keuangan dan pertemuan International Monetary and Financial Committee (IFMC). Selain itu, diselenggarakan pula pertemuan tingkat menteri lainnya, seperti pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral G20, pertemuan negara-negara G24, pertemuan bilateral berbagai negara, seminar/konferensi, regional briefings, dan kegiatan lainnya yang mengambil fokus pada ekonomi global, pembangunan internasional dan pasar keuangan dunia.

Pada kesempatan kali ini, Indonesia melalui Menteri Keuangan berhasil mengukir sejarah dengan menduduki posisi Ketua DC untuk pertama kalinya yang berasal dari Warga Negara Indonesia. Posisi Ketua DC ini dipilih berdasarkan kapasitas individual secara sangat selektif dari banyak kandidat negara-negara anggota.

“Untuk saya, Spring Meetings ini menjadi penting dalam kapasitas saya sebagai ketua Development Committee World Bank”, kata Menkeu.

Sebagai informasi bahwa DC merupakan komite dari World Bank yang beranggotakan seluruh Gubernur dari negara anggota World Bank di seluruh dunia. Masa jabatan untuk posisi Ketua DC paling sedikit dua tahun dengan kemungkinan diperpanjang menjadi tiga tahun berdasarkan persetujuan Dewan Gubernur dari negara-neagra anggota. (ab)