Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Upayakan Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Target

Jakarta, 22/07/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menegaskan bahwa Indonesia masih berpeluang mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen pada tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada paruh pertama tahun ini mencapai 6,1 persen. “Kuartal dua kami ambil optimisnya 6,1 persen. Kami upayakan 6,3 persen tahun ini. Kita setting tinggi supaya menggenjot itu (pertumbuhan ekonomi),” jelasnya. 

Pemerintah dapat menempuh beberapa upaya untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, antara lain dengan mempermudah izin investasi dan penyerapan anggaran di kementerian/lembaga. “Inflasi juga harus dijaga sehingga konsumsi rumah tangga tidak menurun. Jadi masih bisa 6,3 persen, tapi harus extra effort,” kata Plt. Kepala BKF.

Ia menambahkan, jika belanja modal pada semester kedua tahun ini dapat diserap secara maksimal, hal tersebut  akan berdampak positif pada arus investasi. “Belanja modal pemerintah larinya ke investasi,” kata Plt. Kepala BKF. Selain itu, pertumbuhan juga akan ditopang oleh arus modal masuk, kredit perbankan, dan capital expenditure BUMN. “Proyek BUMN juga harus didorong agar semester dua terasa hasilnya,” ujarnya.(nic)