Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Uraikan Langkah Strategis Pemerintah Capai Target Penerimaan

Jakarta, 26/07/2016 Kemenkeu - Untuk mencapai target rasio penerimaan pajak (tax ratio) dan penerimaan negara, pemerintah akan mengambil beberapa langkah strategis. Langkah-langkah tersebut dipaparkan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat, Senin (25/07) di Jakarta.

Langkah pertama, pemerintah akan meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak dalam bentuk kemudahan pelaporan, pembayaran dan kemudahan akses informasi perpajakan. Kedua, meningkatkan efektivitas penyuluhan dan hubungan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan Wajib Pajak.

Ketiga, meningkatkan ekstensifikasi dan intensifikasi perpajakan. Keempat, meningkatan efektivitas pemeriksaan dan penagihan, meningkatkan efektivitas penegakan hukum. “Selanjutnya, menjalankan program Tax Amnesty di tahun 2016 dan 2017,” jelas Menkeu.

Yang tidak kalah penting, pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas Direktorat Jenderal Pajak, yang meliputi penguatan Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi dan anggaran.


Selain itu, pada kesempatan yang sama, Menkeu juga menguraikan berbagai penyebab tidak tercapainya target  penerimaan perpajakan pada tahun 2015 lalu. Selain perlambatan pertumbuhan ekonomi, menurut Menkeu, tidak tercapainya target penerimaan perpajakan tahun lalu juga disebabkan oleh rendahnya harga komoditas.

“Tidak tercapainya target  penerimaan perpajakan dalam tahun 2015 disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi, harga CPO (crude palm oil/minyak sawit) yang sangat rendah di pasar internasional, dan harga komoditas mineral yang mengalami penurunan sepanjang 2015,” urainya.(ags)