Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Uraikan Ukuran Keberhasilan Kepala BKPM

Jakarta, 18/09/2013 MoF (Fiscal) News – Keberhasilan bagi seorang Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ini akan dilihat dari kesuksesannya mendorong investor merealisasikan komitmen investasi. Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengatakan bahwa keberhasilan Mahendra Siregar, yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala BKPM, akan dinilai dari kesuksesannya dalam mewujudkan investasi yang sudah dalam pipeline.

Keberhasilan dalam mewujudkan investasi tersebut, menurutnya, sekaligus juga menunjukkan kesuksesan sebagai pemimpin di BKPM. “Kalau yang dalam pipeline itu jalan, itu bisa jadi success story. Orang menunggu itu jalan atau enggak. Orang kalau mau invest, pasti melihat cerita sukses dulu,” urainya.

Meskipun diperkirakan hanya setahun menjabat sebagai kepala BKPM, Menkeu menilai hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit, mengingat sosok Mahendra merupakan figur yang memiliki jaringan luas di kalangan swasta, pemerintahan dan dunia internasional. “Jadi saya enggak melihat untuk tidak optimistis Pak Mahendra jadi kepala BKPM,” tutur Menkeu.

Selain kemampuan untuk mewujudkan investasi, ukuran keberhasilan bagi seorang Kepala BKPM, menurut Menkeu adalah sejauh mana ia menjalankan revisi aturan Daftar Negatif Investasi (DNI) yang rencananya akan diterbitkan pada Bulan Oktober. “Kemudian, signal-nya clear bahwa itu ramah terhadap investor luar maupun domestik, itu akan bantu. Dengan itu, akan menunjukkan bahwa Indonesia melakukan structural reform,” kata Menkeu.

Sebelumnya, BKPM mencatat adanya rencana investasi Rp1.400 triliun sejak Juli 2013 yang belum direalisasikan, terdiri atas 40 persen Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), dan sisanya Penanaman Modal Asing (PMA). Adapun 45 persen dari rencana investasi tersebut berupa perluasan atau reinvestasi, sedangkan sisanya merupakan pendirian usaha baru.(nic)