Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Yakini Kinerja Ekonomi Domestik Triwulan IV-2016 Semakin Baik

Jakarta, 11/11/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, kinerja pertumbuhan ekonomi domestik sejauh ini cukup menggembirakan, meskipun  tetap perlu diwaspadai.

Pada triwulan III-2016, pertumbuhan ekonomi domestik tercatat mencapai 5,02 persen. Meskipun lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya, tetapi capaian tersebut tergolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi emerging country lainnya.

"Dengan angka pertumbuhan pada kuartal III (2016) yang mencapai 5,02 persen, lebih tinggi  kalau dibandingkan berbagai kinerja ekonomi di kawasan maupun emerging country lainnya, jadi Indonesia masih cukup kuat," jelasnya dalam konferensi pers terkait perkembangan ekonomi terkini pada Kamis (10/11) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta.

Memasuki triwulan IV-2016, lanjutnya, pemerintah akan fokus menggenjot investasi dan konsumsi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. "Kami akan terus menjaga sisi fiskal pads kuartal IV, agar aktivitas dan instrumen fiskal bisa memberi kontribusi positif bagi perekonomian nasional," tambahnya.

Hal tersebut dilakukan sejalan dengan tren peningkatan belanja pada triwulan IV, baik belanja pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Realisasi belanja pemerintah tahun 2016 sendiri diperkirakan mencapai 96 persen dari target. "Lebih tinggi dari biasanya di bawah 95 (persen)," tambahnya. (as)