Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menko Perekonomian Ajak Pimpinan Daerah Perhatikan Masalah Pangan

Jakarta, 25/11/2016 Kemenkeu - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengajak para pimpinan pemerintah daerah untuk dapat memberikan perhatian lebih kepada masalah pangan. Menurutnya, pangan memegang peranan penting dalam stabilitas nasional. Beberapa hal terkait pangan yang perlu diperhatikan yaitu irigasi, pupuk, pasar dan lain-lain.


“Saya ingin meminta perhatian para Gubernur bahwa pangan itu penting. Sumber keresahan pertama yang paling dasar adalah pangan. Pangan juga pondasi stabilitas. Maka, banyak hal tentang pangan yang harus kita benahi,” kata Darmin saat Rapat Koordinasi bersama Gubernur Seluruh Indonesia, seperti dikutip melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Jumat (25/11).


Ia berharap pemda dapat mulai memetakan kondisi pangan daerah masing-masing, contohnya pangan andalan masing-masing daerah. “Tidak berarti daerah Anda harus surplus beras karena tidak semua daerah cocok untuk surplus hasil pangan. Boleh saja daerah lain yang surplus. Tapi Anda bisa menghasilkan sesuatu, sehingga rakyat Anda bisa membeli beras dari daerah lain,” jelasnya. (as)