Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menko Perekonomian Baru Punya Kekuatan Koordinasi

Jakarta, 19/05/2014 MoF (Fiscal) News - Bank Indonesia (BI) menilai banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang baru, salah satunya menjaga inflasi. Dimana, untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya koordinasi yang baik antara Menteri, Pemerintah Daerah, maupun pengusaha.


“Kita sambut baik hadirnya Chairul Tanjung untuk menjabat sebagai Menko Perekonomian, karena Chairul Tanjung adalah praktisi yang memahami, bukan hanya dunia usaha, sektor riil dan juga pemerintah,” ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Senin (19/5).


Menurutnya, untuk kondisi Indonesia saat ini, maka pemerintah senantiasi harus bisa menjaga stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi. Dimana, perlu terus dilakukan reformasi struktural karena dapat membuat Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi yang lebih berkesinambungan dan inklusif.


 “Yang utama perlu adanya kerja sama dan pak Chairul Tanjung punya kekuataan koordinasi diantara Menteri, pengusaha dan juga antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Jadi saya optimis, ini jadi momentum yang baik, pak Hatta digantikan Chairul Tanjung,” ungkapnya.


Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan siap mengkoordinasikan para Menteri terkait, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan dunia usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas pemerintahan saat ini. “Waktu 5 bulan ini saya ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama bekerja keras agar bisa menyelesaikan tugas pemerintahan ini dengan prestasi yang gemilang, dan mampu menciptakan fondasi kuat untuk pemerintahan mendatang,” imbuhnya.


Selain itu, ia juga akan menggandeng Komite Ekonomi Nasional (KEN) untuk membahas hal-hal yang terkait perekonomian. “Saya mengajak teman-teman KEN tidak hanya membahas, tetapi untuk bersama-sama kita bahu-membahu mengimplementasi pemikiran-pemikiran yang sudah ada untuk membuat sebuah kebaikan,” pungkasnya. (ans)