Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menko Perekonomian Berharap Satgas Mampu Benahi Permasalahan Logistik

Jakarta, 22/09/2016 Kemenkeu - Dwelling time masih menjadi salah satu permasalahan di beberapa pelabuhan besar. Dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap masalah ini harus segera dapat menemukan penyelesaiannya. Hal ini penting karena dwelling time berkaitan dengan banyak hal, terutama logistik.


“Urusan dwelling time ini kan lebih banyak berkaitan dengan masalah prosedur dan infrastruktur,” kata Darmin, seperti dilansir melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Berdasarkan laporan Logistic Performance Index 2016 dari Bank Dunia, kinerja logistik Indonesia mengalami penurunan sejak 2014, terutama dari aspek infrastruktur.


Sesuai tugasnya terkait logistik, Pokja III yang diketuai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara meperlihatkan bahwa struktur biaya angkutan barang melalui laut, masih diberatkan oleh tingginya biaya di darat. “70 persen pengeluaran perusahaan pelayaran ada di bagian darat seperti di pelabuhan, pergudangan, dan truk pengangkut,” katanya.


Darmin optimistis Paket Kebijakan Ekonomi I-XIII yang diluncurkan pemerintah akan berdampak signifikan untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia, melalui pergerakan cepat yang dilakukan oleh Satgas ini. “Satuan Tugas pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi ini semakin terarah dan efektif. Harapannya,  secepat mungkin terasa bagi masyarakat,” ungkap Darmin. (as)