Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menko Perekonomian: Tarif Angkutan Umum yang Dikelola Pemerintah Tidak Naik

Jakarta, 29/3/2012 MoF (Fiscal) News – Angkutan umum yang berada dalam naungan pemerintah tidak akan mengalami kenaikan tarif seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (28/3).

 

“Nanti kita perintahkan kereta api tidak boleh naik, angkutan penyeberangan tidak boleh naik, DAMRI tidak boleh naik. Pokoknya angkutan yang semua dikontrol pemerintah tidak boleh naik, kita beri subsidi,” tandasnya. Ia menambahkan,  pemerintah menyediakan subsidi bagi trasportasi sebesar Rp5 triliun. Pemberian subsidi ini, lanjutnya, agar tidak terjadi peningkatan tarif. Bila ada kenaikan, setidaknya tidak terlalu tinggi, misalnya saat ini tarif angkutan umum Rp2.000 naik Rp200 rupiah.

 

Selain itu, subsidi angkutan umum juga diberikan dalam bentuk peremajaan kembali angkutan-angkutan yang tidak layak pakai. “Kita ngeri anak-anak kita naik metro mini, KOPAJA  udah ngeri, jangan-jangan remnya blong  atau apa, ini kita prihatin,” pungkasnya.(ans)