Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kerusakan sejumlah fasilitas di Kompleks dan Venues GBK di stadion utama Gelora Bung Karno, Jakarta (19/02)

Menteri PUPR Ajak Masyarakat Jaga GBK yang Dibangun dari Pajak

Jakarta, 19/02/2018 Kemenkeu - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin (19/02) mengatakan euphoria masyarakat usai Pertandingan Sepakbola Final Piala Presiden yang berlangsung Sabtu (17/02/2018) ternyata menyisakan kerusakan sejumlah fasilitas di Kompleks dan Venues GBK. Padahal renovasi venue dan penataan kawasan GBK dibiayai dengan menggunakan pajak yang dihimpun dari masyarakat.

“Namun bagi saya bukan kerusakan, pasti kita perbaiki, karena ini milik kita. Ini lebih pada soal perilaku. Saya masih bertanya kok bisa kita sendiri yang merusak. Padahal ke depannya masih ada pertandingan Piala AFC dan event lainnya. Saya menghimbau seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan tidak merusak asset yang menjadi kebanggaan Indonesia menjelang pelaksanaan Asian Games 18 dalam beberapa bulan lagi,” pinta Menteri PUPR.

Dikutip dari rilis Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, menurutnya Menteri PUPR, nilai kerusakan yang timbul tidaklah besar. Hasil evaluasi sementara yang disampaikan oleh pihak pengelola tidak lebih dari Rp 150 juta, khusus untuk Stadion Utama GBK.

Ia mengharapkan masyarakat agar mencontoh warga Surabaya yang menjaga taman-tamannya yang dibangun dengan biaya tidak murah meski tanpa pagar. Diharapkan para pengunjung GBK dari berbagai kota di Indonesia juga bisa melakukan hal serupa. (nr/rsa)