Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
ilustrasi

Menteri PUPR: Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Tahap I Siap Dimulai

Jakarta, 06/02/2018 Kemenkeu - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan pengerjaan jalan tol Padang- Bukit Tinggi-Pekanbaru tahap I ruas Padang menuju Sicincin, Sumatera Barat (Sumbar) sepanjang 28 km akan segera dimulai pada bulan Februari 2018. Tahapan konstruksi dapat segera dimulai setelah adanya kesepakatan pembebasan lahan dengan warga.

"Saya sudah musyawarahkan dengan tokoh masyarakat, wali nagari bersama Gubernur dan Wagub Sumbar, dan Bupati Padang Pariaman dan sudah disepakati, lengkap dengan berita acaranya untuk ketersediaan lahan. Sebelumnya, trase sudah disiapkan, tapi warganya belum siap, sehingga kita buat trase baru," kata Menteri PUPR di Jakarta pada Senin (05/02).

Jalan Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru sepanjang 254,8 km merupakan sirip dari Tol Trans Sumatera dan menjadi salah satu  proyek strategis nasional (PSN). Dikutip dari rilis Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Pembangunan Tol Padang – Bukit Tinggi – Pekanbaru diperkirakan membutuhkan biaya investasi sebesar Rp. 78,09 Triliun dengan target penyelesaian selama lima tahun (2018-2023).

Menteri PUPR menyatakan pembebasan lahan akan menggunakan dana talangan dari PT. Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang ditugaskan Pemerintah untuk membangun sejumlah ruas Tol Trans Sumatera. Sebagian pembiayaan akan didanai melalui pinjaman Pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang menyatakan komitmennya untuk membiayai sebagian konstruksi sepanjang 40 km, termasuk pembangunan terowongan sepanjang 7 km sehingga memperpendek jarak jalan tol. (nr/rsa)