Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menuju Perekonomian Nasional yang MANTAB Bersama Kemenkeu

Jakarta, 30/10/2013 MoF (Fiscal) News – Kementerian Keuangan memiliki posisi yang sangat strategis dalam pelaksanaan tugas di bidang perekonomian. Tema Hari Oeang tahun ini, yaitu "Menuju Perekonomian Nasional yang MANTAB (Mandiri, Kuat, dan Stabil) bersama Kemenkeu" sangat relevan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah 2013. "Yaitu Memperkuat Perekonomian Domestik bagi Peningkatan dan Perluasan Kesejahteraan Rakyat," kata Menteri Keuangan M. Chatib Basri saat memimpin upacara peringatan Hari Oeang di Lapangan Banteng Timur, Rabu (30/10).

Menurut Menkeu, tema ini menunjukkan optimisme Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan dan kekayaan negara, supaya daya tahan dan daya saing perekonomian nasional meningkat dalam kegiatan ekonomi yang semakin bersifat global dan kualitas kehidupan masyarakat juga semakin membaik.

Sebagai informasi, awal peredaran Oeang Republik Indonesia adalah pada 30 Oktober 1946 yang kemudian diperingati sebagai Hari Oeang. Pada hari itu, Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa Uang Jepang dan Uang Javasche Bank tidak berlaku lagi. Melalui ORI, semangat rakyat Indonesia tersulut untuk terus mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. (fin)