Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Meski Diprediksi Membaik, Pemerintah Tetap Waspadai Perekonomian Global 2016

Jakarta, 15/01/2016 Kemenkeu - Kondisi perekonomian global pada tahun 2016 ini diprediksi akan lebih baik dibanding pada tahun 2015 lalu. Namun demikian, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyatakan, pemerintah akan tetap mewaspadai setiap perubahan yang terjadi.

“Kita tetap harus waspada, karena kondisi ekonomi global ini berbeda dengan masa lalu. Kondisi ekonomi global sekarang ini sangat mudah berubah-ubah, dan kadang-kadang lebih rentan terhadap kemungkinan krisis,” ungkap Menkeu di kantornya pada Kamis (14/1).

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah akan terus menjaga fundamental ekonomi, baik makro, moneter maupun fiskal. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah bagaimana pemerintah dapat mengoptimalkan belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Karena bagaimanapun dalam kondisi harga komoditas masih rendah dan perlambatan ekonomi Tiongkok, maka belanja APBN ini akan menjadi salah satu faktor untuk pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia memprediksi perekonomian global pada tahun 2016 akan menguat terbatas. Meskipun ketidakpastian di pasar keuangan global perlahan mereda seiring pengumuman kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), tetapi di sisi lain, perbaikan ekonomi AS, Eropa, Jepang, dan Tiongkok masih belum sesuai harapan.(nv)