Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Mofest Surabaya Gelar Tips Menjadi Wirausaha Sukses dan Sadar Investasi

Surabaya, 16/09/2019 Kemenkeu - Pada sesi kedua Ministry of Finance Festival (Mofest) yang diselenggarakan di Surabaya pada Sabtu (13/09), Ernanda Putra selaku Founder & Creative Director Makna Group dan Dinar Amanda selaku Co-founder, Marketing, Creative Director Rollover Reaction berbagi pengalaman mereka sebagai wirausaha pada sesi "What It Means to Be an Entrepeneur".
 
Pada diskusi ini, Ernanda Putra yang akrab dipanggil Nanda, menceritakan pengalamannya membangun sebuah perusahaan desain yang berawal dari endorsement. 
 
“Aku punya follower lebih, lalu ada brand yang ingin memasarkan produknya di Instagram aku. Karena aku desainer dan suka buat campaign, sekalian aja aku tawarin brandnya untuk bikin campaign. Itu diawali sekitar tahun 2013,” ujarnya. 
 
Nanda juga menjelaskan cerita mengapa ia mengambil nama “Makna” sebagai nama perusahaannya karena ia menginginkan karya-karyanya selalu memiliki arti. 
 
“Sampai bikin project ini barulah aku milih makna karena ingin buat sesuatu yang selalu memiliki arti,” tuturnya.
 
Dinar juga menceritakan perjalanan ide perusahaan kosmetiknya Rollover Reaction yang berawal dari ramainya jasa titip (jastip) pada waktu itu dan Dinar mendapatkan investor yang cukup besar hingga dirasa dapat mengoptimalkan ide usahanya yang berawal dari tahun 2014. Pada saat itu ia masih berumur 22 tahun.  
 
“Dulu kan rame tentang jastip dan kebanyakan barangnya adalah kosmetik. Lalu ada investor yang tertarik. Waktu itu aku masih 22 tahun, freshgraduate, trus bikin make up business plan bareng temen-temen cewek. Tipsnya karena optimis dan modal nekat,” ujarnya.
 
Pada sesi terakhir, Fellexandro Ruby (Entrepreneur dan Podcaster) serta Antonius Dyan (Pegawai Kementerian Keuangan) menjadi narasumber dalam tema “Set Up Your Financial Goals”.
 
Ruby memberikan beberapa tips bagaimana perencanaan keuangan yang baik yaitu membedakan mana yang konsumtif dan produktif disertai investasi.
 
“Hanya dengan membedakan pengeluaran yang konsumtif dan produktif, seharusnya perencanaan keuangan kamu sudah baik. Apalagi kalau juga berinvestasi," tegasnya.
 
Selanjutnya, Anton membenarkan bahwa investasi merupakan salah satu cara untuk perencanaan keuangan yang baik. Ia menginformasikan tentang salah satu instrumen investasi yang aman yaitu SBR008 yang dikeluarkan pemerintah. 
 
“Carilah investasi yang keuntungannya melebihi inflasi dan memang aman,” ujarnya. (lut/nr/ds)