Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

MPN G-2 Permudah Wajib Pajak Tunaikan Kewajibannya

Jakarta 05/03/2014, MoF Fiscal News –  Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan telah berhasil menyelenggarakan transaksi perdana setoran penerimaan negara melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) generasi terbaru, atau lebih dikenal dengan nama MPN G-2.


Transaksi perdana tersebut telah berhasil diujicobakan pada tiga lokasi berbeda, yaitu Jakarta, Pasuruan dan Banjarmasin. Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono dan Dirjen Anggaran Askolani turut menyaksikan secara langsung melalui media streaming uji coba transaksi perdana setoran penerimaan negara melalui MPN tersebut pada Kamis (27/2) silam.


Dirjen Perbendaharaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa MPN G-2 akan meningkatkan kualitas layanan pemerintah di bidang setoran penerimaan negara. Sistem tersebut, lanjutnya, secara otomatis juga meminimalisasi berbagai kemungkinan penyimpangan. “Saya rasa ini sebuah sinergi yang luar biasa, karya terbesar yang akan lebih baik lagi,” ungkapnya.


Perbedaan antara sistem MPN G-2 dengan sistem sebelumnya adalah terkait fleksibilitas, akurasi, kecepatan, keamanan, dan akuntabilitas. Jika pada sistem sebelumnya transaksi penerimaan negara harus disetor langsung ke loket pembayaran yang telah ditentukan, kini melalui sistem MPN G-2, Wajib Pajak dan wajib bayar dapat melakukan pembayaran kapan saja dengan berbagai pilihan cara, baik melalui ATM maupun e-banking.


Sistem MPN G-2 sendiri telah dilakukan uji beban puncak dengan 2.099 juta transaksi dengan hasil memuaskan. Dengan sistem ini, pemerintah mengharapkan kepercayaan publik terhadap layanan pembayaran setoran negara akan terus meningkat.(nic)