Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

MPR Dukung Pemerintah untuk Kelola Anggaran yang Baik

Jakarta, 16/08/2016 Kemenkeu - Dalam 3 tahun terakhir, kondisi perekonomian nasional harus mengalami penyesuaian yang mempengaruhi kemampuan negara dalam mengumpulkan pajak. Penyesuaian tersebut terjadi di sisi pertumbuhan ekonomi, perdagangan internasional, kegiatan ekspor impor dan harga komoditas.


“Oleh karena itu perlu dilakukan penyesuaian dibidang pengeluaran, baik pengeluaran Kementerian/Lembaga  maupun pengeluaran daerah,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menghadiri undangan dari Pimpinan MPR RI untuk menjelaskan update perekonomian terkini, di Gedung Nusantara IV, DPR RI pada Senin (15/08).


Di kesempatan ini, pimpinan MPR mendukung langkah-langkah untuk mengembalikan kepercayaan pengelolaan negara yang baik yang tetap ambisius, tapi tetap dalam rambu-rambu kehati-hatian sehingga tidak menimbulkan persoalan dari sisi kredibilitas.


Menurut Menkeu, Kementerian Keuangan telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Bappenas untuk melakukan seleksi pemotongan anggaran. Ada beberapa kriteria anggaran yang tidak terkena pemotongan antara lain seluruh kegiatan gaji tunjangan, seluruh kegiatan yang sudah dikontrakkan, seluruh kegiatan yang merupakan prioritas pemerintahan Presiden Jokowi.


“Baik infrastruktur, pengentasan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, kesehatan dan pendidikan akan dilindungi tidak dipotong.  Pemotongan akan dilakukan dari penghematan, pelelangan dan pengurangan dari berbagai kegiatan yang tidak prioritas,” tambah Menkeu. (as)