Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Mulai Hari Ini, BI Rate Turun Jadi 6,75 Persen

Jakarta, 18/03/2016 Kemenkeu - Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan tingkat suku bunga acuannya (BI Rate). Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 16-17 Maret 2016 memutuskan penurunan BI Rate sebesar 25 basis points (bps) menjadi 6,75 persen, dengan suku bunga Deposit Facility menjadi sebesar 4,75 persen dan Lending Facility menjadi sebesar 7,25 persen. Penurunan ini berlaku mulai hari ini, Jumat (18/3).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam keterangan resminya pada Kamis (17/3) menyatakan, keputusan tersebut sejalan dengan masih terbukanya ruang pelonggaran kebijakan moneter, seiring dengan terjaganya stabilitas makro ekonomi, khususnya terus menurunnya tekanan inflasi pada tahun 2016 dan 2017, serta meredanya ketidakpastian di pasar keuangan global.

“Di tengah masih lemahnya pertumbuhan ekonomi global, kebijakan penurunan BI Rate tersebut diharapkan semakin memperkuat upaya meningkatkan permintaan domestik untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi, dan pada saat yang sama menjaga stabilitas makro ekonomi,” jelasnya.

Ia menambahkan, Dewan Gubernur akan lebih berhati-hati dalam menentukan pelonggaran moneter selanjutnya, dengan mempertimbangkan asesmen dan perkiraan menyeluruh atas kondisi makro ekonomi dan stabilitas sistem keuangan domestik serta perkembangan ekonomi global.

Selain itu, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkesinambungan, BI dan pemerintah juga akan terus memperkuat koordinasi untuk mengendalikan inflasi. “Bank Indonesia juga akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah untuk memastikan pengendalian inflasi, penguatan stimulus pertumbuhan, dan reformasi struktural berjalan dengan baik, sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” urainya.(nv)