Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Naik Peringkat Berdaya Saing, Indonesia Harus Terus Berbenah

Jakarta, 06/06/2017 Kemenkeu – Institute for Management Development (IMD), sebuah kelompok riset sekolah bisnis di Swiss, merilis laporan tahunan World Competitiveness Centre yang menempatkan Indonesia ke peringkat ke-42 di dunia. Dari laporan ini, Indonesia naik enam peringkat dalam hal daya saing antarnegara di dunia dibandingkan sebelumnya yang berada di peringkat 48. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut baik perbaikan tersebut, namun ia mengingatkan bahwa Indonesia harus terus berbenah.

“Kita akan terus memperbaiki diri saja. Indonesia masih harus terus memperbaiki diri, kita rasanya belum paling competitive. Tapi, bahwa kita ada kemajian kita bersyukur,” katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (05/06).

Beberapa hal yang masih harus terus diperbaiki, menurutnya, adalah dari sisi infrastruktur, regulasi dan kenyamanan berusaha di Indonesia. “Masih banyak kekurangan di diri kita sendiri. Infrastruktur belum semuanya selesai. Regulasi-regulasi perlu untuk disederhanakan, kenyamanan untuk berusaha masih perlu diperbaiki,” tegasnya. (as/rsa)