Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Negara IDB Bahas Peningkatan Ketahanan dalam Pembangunan Global

Jakarta, 16/05/2016 Kemenkeu - Salah satu topik pembahasan dalam rangkaian acara seminar sidang tahunan Islamic development bank (IDB) ke-41 adalah pembahasan upaya peningkatan ketahanan negara-negara anggota IDB di dalam konteks pembangunan dan kemanusiaan.

Topik tersebut dibahas dalam seminar bertajuk “Enhancing resilience in IDB Member Countries-Humanitarian and Development Nexus” yang digelar pada Minggu (15/05) di Aula Cendrawasih I Jakarta Convention Center, Jakarta.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM) Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Parjiono mengungkapkan bahwa dalam konteks perkembangan global, negara-negara anggota IDB harus dapat memperkuat koordinasinya.

“Dalam konteks pembangunan global saat ini, banyak negara anggota IDB yang kurang diuntungkan dalam prosesnya. Nanti akan dibahas bagaimana negara anggota harus memperkuat koordinasinya, memperkuat partnership-nya,” jelasnya dalam press briefing usai seminar.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, seminar tersebut antara lain membahas mengenai upaya eksplorasi bentuk-bentuk pendanaan baru dalam pembangunan infrastruktur, misalnya melalui Public-Private Partnership (PPP). Selain itu, seminar membahas mengenai skema-skema pembiayaan yang sesuai.

“Dari segi pendanaan, meskipun dari semua entities lembaga keuangan internasional siap untuk membatu Indonesia, tapi skema-skema yang cocok untuk Indonesia harus diciptakan, misalnya kita dalam bentuk PPP,” katanya.(nv)