Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Neraca Perdagangan Diprediksi Membaik Bulan Ini

Jakarta, 10/03/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan memprediksi kinerja neraca perdagangan akan mulai membaik pada  Bulan Maret ini. “Mungkin Januari-Februari (neraca perdagangan) more-less masih sama. Februari bisa lebih baik. Maret-April akan lebih baik,” demikian diungkapkan Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta pada Jumat (7/3) malam.


Terkait penguatan nilai tukar rupiah yang terjadi beberapa hari ini, ia menilai hal tersebut belum mengkhawatirkan, karena volatilitasnya masih relatif rendah dan cenderung stabil. Penguatan tersebut, menurutnya, adalah sesuatu yang positif, karena disebabkan permintaan yang tinggi terhadap rupiah dan sentimen positif terhadap Indonesia.


Selain itu, kembalinya investor ke negara emerging market seperti Indonesia juga dinilai menjadi salah satu penyebab membaiknya neraca perdagangan. “Investor global itu sudah mulai kembali ke emerging market. Nah, ketika kembali ke emerging market, dia mencari emerging market yang risikonya kecil, yaitu Indonesia,” ungkapnya.(ans)