Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Nilai-Nilai Kementerian Keuangan Untuk Mencapai Visi

Jakarta, 22/10/2011 MoF (Fiscal) News – Setiap pegawai Kementerian Keuangan harus memahami bahwa bekerja adalah untuk mencapai visi, yaitu menjadi pengelola keuangan dan kekayaan negara yang dipercaya, akuntabel, dan terbaik di regional untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera demokratis, dan berkeadilan. Untuk mencapai visi tersebut, diperlukan nilai-nilai budaya untuk diinternalisasi dan diterapkan dalam keseharian bekerja. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di depan 600 partisipan, yang terdiri dari para pejabat Eselon I dan pegawai, dalam acara internalisasi Kementerian Keuangan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Sabtu (22/10).

Sebagai pengelola keuangan dan kekayaan negara, pegawai Kementerian Keuangan diharapkan untuk konsisten dalam membangun reputasi dan kepercayaan agar mencapai visi menjadi yang terbaik di kawasan regional. “Membutuhkan konsistensi yang tinggi untuk memiliki reputasi yang dipercaya dan akuntabel untuk sama-sama memahami dan mewujudkan diri sebagai pengelola yang dipercaya,” kata Menkeu.

Oleh karena itu, pimpinan Kementerian Keuangan sepakat untuk membuat nilai-nilai Kementerian Keuangan yang terdiri dari integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Kelima nilai-nilai tersebut dielaborasi kembali ke dalam 10 perilaku utama yang harus dijunjung tinggi dan diimplementasikan oleh setiap pegawai Kemenkeu. Menkeu berpesan untuk menjaga nilai-nilai Kemenkeu dan perilaku dalam menjalankan pekerjaannya. “Kita juga harus mengingatkan rekan kita jika ada rekan yang tidak menerapkan nilai-nilai tersebut,” ungkapnya.  

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan memperkenalkan Wakil Menteri Keuangan yang baru yaitu Mahendra Siregar kepada seluruh keluarga besar Kementerian Keuangan.(ya)