Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

OECD: Pertumbuhan Indonesia Tercepat di Antara ASEAN+6



Jakarta, 05/12/2013 MoF (Fiscal) News – Dalam laporan proyeksi ekonomi dunia Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia diproyeksikan akan menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di antara ekonomi negara-negara ASEAN+6 dengan tingkat rata-rata pertumbuhan setiap tahun sebesar 6,0 persen dalam kurun waktu 2014-2018.


Di peringkat kedua, Filipina mencatatkan rata-rata pertumbuhan per tahun 5,8 persen; diikuti Malaysia 5,1 persen; Thailand 4,9 persen; Singapura 3,3 persen; dan Brunei 2,3 persen. “Keberhasilan negara berkembang di Asia bergantung pada cara negara-negara tersebut menghadapi tantangan ke depan, salah satunya dengan melakukan reformasi struktural,” demikian disampaikan Deputy Secretary General OECD H.E. William Danvers dalam acara Seminar Internasional 'Structural Policy Challenges in Indonesia: Medium-Term Challenges and Responses' di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).


Reformasi struktural perlu dilakukan oleh negara-negara emerging market, terutama Indonesia. Upaya lebih telah dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Dengan upaya lebih tersebut, Indonesia dapat mencapai pertumbuhan yang merata (equitable growth).(fin)