Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

OJK Harapkan UU Perasuransian Selesai Semester I-2013

Jakarta, 16/05/2013 MoF (Fiscal) News – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan undang-undang (UU) perasuransian dapat selesai pada akhir semester I tahun ini, mengingat perkembangan industri asuransi yang cukup pesat dan memerlukan payung hukum yang memadai. Hal ini disampaikan Ketua OJK Muliaman D. Hadad di Jakarta, Rabu (15/5).

“Kita usahakan (selesai semester ini), saya kira sudah cukup jauh pembahasan di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), karena sosialisasi ke daerah sudah dilakukan. Intinya perkembangan dunia asuransi yang kuat ini harus dipayungi payung hukum yang memadai karena undang-undang perasuransian tidak memadai, apalagi industri berkembang dengan cepat,” ujarnya.  

Dalam aturan lama, lanjutnya, belum mengakomodasi asuransi syariah, sehingga diperlukan perbaikan dan dimasukkan ke dalam UU yang baru. Namun, pihaknya mengaku tidak mengubah aturan yang lama, dan hanya melanjutkan aturan yang telah berjalan. “Tim tidak berubah, tinggal di OJK kita dalami berbagai macam isu. Kita ingin industri asuransi ini berkembang lebih cepat dan mudah di akses masyarakat. Misalnya, kita ingin dorong asuransi mikro tidak hanya kredit mikro nanti akan ada asuransi mikro seiring dengan berkembangnya industri asuransi,”pungkasnya.(ans)