Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

OJK Luncurkan Dana Perlindungan Pemodal

Jakarta, 24/12/2013 MoF (Fiscal) News – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Dana Perlindungan Pemodal (DPP) atau Indonesia Securities Investor Protection Fund. Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Tata Kelola Pasar Modal OJK Nurhaida, DPP bertujuan untuk memberikan kepercayaan bagi para pemodal agar dapat terus berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. DPP bisa melindungi investor dari penggelapan dana dan hilangnya aset. Hal tersebut disampaikan saat Peluncuran Dan Perlindungan Pemodal di Menara Global, Jakarta, Senin (23/12).

Nurhaida menjelaskan, DPP yang diselenggarakan oleh PT Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI) akan mulai berlaku pada Januari 2014. "Program ini (P3IEI) akan meningkatkan keamanan berinvestasi di pasar modal Indonesia," tegas Nurhaida.

Terkait mekanismenya, ia memaparkan, pelaksanaan P3IEI akan dihimpun dari iuran para pemodal itu sendiri. "Dananya dari kontribusi awal dari SRO, 2 tahun pertama nantinya akan di-cover oleh SRO, lalu dimulai iuran di tahun-tahun berikutnya. ini adalah upaya bersama untuk menciptakan stabilitas di pasar modal Indonesia," jelasnya.

Setelah itu, iuran tersebut akan dikontribusi oleh berbagai sumber yang antara lain berasal dari setoran awal Bursa Efek Indonesia, lembaga kliring dan penjamin serta Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian yang tergabung dalam Self-Regulator Organization (SRO). (ak)