Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

OJK Siap Respons Masalah Stabilitas Sektor Keuangan

Jakarta, 22/08/2013 MoF (Fiscal) News – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siap merespons kebijakan yang akan dikeluarkan untuk menyelesaikan masalah stabilitas sektor keuangan di Indonesia. Pihaknya meyakini, ke depan, industri keuangan masih dapat bangkit sejalan dengan perbaikan beberapa indikator ekonomi. Demikian disampaikan Ketua OJK Muliaman D. Hadad di Jakarta, Rabu (21/8) malam.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan para stakeholders industri keuangan mengenai pentingnya menjaga stabilitas keuangan secara bersama-sama. “Kita juga bersepakat bahwa kalau ada hal-hal yang memang dikerjakan sama-sama antara OJK dan industri, kita siap melakukannya, termasuk aturan-aturan buyback yang hold to majority dan sebagainya,” tandasnya.

Menurutnya, di luar persoalan fundamental ekonomi, pihaknya melihat kinerja para emiten masih baik. Kinerja para emiten, lanjutnya, sampai dengan akhir Semester I masih dalam keadaan baik, malah lebih baik dibandingkan kinerja emiten-emiten yang terdaftar di pasar Thailand, Philipina, dan pasar modal yang lain. “Kita punya bahan dasar underline asset yang kualitasnya lebih baik, dan tentu saja ini bagi kita salah satu modal dasar, disamping tentu saja kita tidak ingin ada orang yang memanfaatkan kesempatan di dalam situasi seperti ini. Kita masih berharap ada optimisme yang masih ada di industri keuangan,” terangnya.

Pihaknya berharap, pada triwulan III dan IV tahun ini, keadaan ekonomi akan sedikit lebih longgar, sehingga dapat memberikan ruangan memadai untuk indeks kembali menguat. “Mudah-mudahan kita bisa respons dengan sebaik-baiknya. Pada intinya OJK dalam posisi siap merespons, kalau aturan harus dikeluarkan kita akan keluarkan dengan segera,” pungkasnya.(ans)