Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Optimalisasi Penyerapan Anggaran Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 18/06/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi pada tahun ini akan mencapai 6,3 persen, meskipun Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan (BI rate) sebesar 25 basis poin dan ekonomi global masih melemah. "Kita coba usaha dulu, tidak apa-apa bank dunia revisi pertumbuhan global dan emerging market-nya. Saya akan coba dari percepatan spending pemerintah,” ujar Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, Senin (17/6).

Ia menambahkan, pemerintah masih mempunyai waktu selama tujuh bulan untuk mempercepat penyerapan anggaran. Seperti diketahui, sampai dengan akhir Mei lalu, penyerapan anggaran belanja, khususnya belanja modal masih relatif kecil, yaitu sebesar Rp25,4 triliun atau setara dengan 13,8 persen dari pagu APBN 2013 yang sebesar Rp184,4 triliun. “Kita usahakan, makanya akan dipercepat pertumbuhan penyerapan belanja pemerintah sebesar 6,7 persen,” urainya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Agus Supriyanto mengungkapkan bahwa peran belanja pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi cukup besar. Untuk itu, jika belanja pemerintah dapat dioptimalkan, hal tersebut diyakini akan membantu perekonomian tumbuh lebih tinggi.  “Pokoknya posisi saat ini sudah mendekati posisi tahun lalu,” pungkasnya.(ans)