Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Optimalkan e-Filing, DJP Gandeng BRI

Jakarta, 24/03/2014 MoF (Fiscal) News - Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany menyaksikan peresmian layanan e-Filing di Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Senin (24/3) di Gedung BRI, Jakarta. Peresmian layanan e-Filing di BRI ini merupakan salah satu upaya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam rangka menggalakkan program pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara elektronik tersebut.

Peresmian yang juga disaksikan langsung oleh Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali ini merupakan hasil kerja sama antara DJP dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Pada kesempatan tersebut, Muhamad Ali mengatakan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan program e-Filing yang telah dijalankan oleh DJP.

Ia mengungkapkan, program yang telah diresmikan kedua belah pihak ini akan mulai dijalankan dari perseroannya. Lebih lanjut ia menjelaskan, seluruh karyawan BRI yang jumlahnya mencapai 113 ribu langsung melaporkan SPT Pajak Penghasilannya (PPh) melalui layanan e-Filing yang langsung terhubung dengan sistem di DJP. "Kami Bank BRI telah diberikan kepercayaan dan kesempatan oleh Ditjen Pajak (DJP) untuk mengembangkan aplikasi pelaporan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing, agar dapat menerima seluruh jenis pelaporan SPT bagi 113 ribu pekerja BRI. Dan hari ini, 113 ribu karyawan BRI di seluruh Indonesia akan melakukan e-Filing" ungkapnya.

Dengan kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan oleh DJP tersebut, BRI akan memberikan dukungan berupa pengembangan aplikasi e-Filing. Hal itu dimaksudkan agar dapat mengoptimalkan jaringan kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, setiap Wajib Pajak, selain karyawan BRI, baik nasabah BRI maupun nonnasabah BRI juga dapat melakukan pelaporan pajaknya di seluruh unit kerja BRI di seluruh Indonesia.(ak)