Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Optimis Tembus Angka 4 Juta WP, DJP Kembali Sosialisasikan E-filing

Jakarta, 22/02/2013 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali melakukan sosialisasi  sistem penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-filing. Menurut Kepala Seksi Pengembangan Penyuluhan I Direktorat Transformasi Bisnis DJP Muktia Agus Budi Santosa pada Jumat (22/2) di Jakarta.  

Pihaknya menegaskan, sistem keamanan pada fasilitas e-filing telah dan terus ditingkatkan. Ia mengungkapkan, dengan e-filing, Wajib Pajak (WP) menjadi lebih mudah dalam melaporkan dan mengurangi pertemuan langsung antara petugas pajak dan WP.  "E-filing  diciptakan guna mengurangi adanya pertemuan langsung antara WP dengan petugas pajak. Ini juga akan mengurangi volume antrean, dan mengurangi berkas fisik dokumen perpajakan. Jadi sekarang semua jadi lebih mudah," ungkap Muktia. 

Dengan kemudahan tersebut, DJP optimistis dengan mematok target capaian lebih dari 4 juta WP yang akan melaporkan SPT melalui aplikasi e-filing di situs DJP www.pajak.go.id. Optimisme tersebut mengacu pada data yang disampaikan Direktur Jenderal Pajak per 21 Februari 2013, yang menunjukkan total WP yang sudah melakukan penyerahan SPT tahunan sebanyak 7.507 WP. "Data itu adalah penjumlahan dari Wajib Pajak yang berpenghasilan di bawah Rp60 juta per tahun, dan di atas Rp60 juta per tahunnya," kata Muktia. 

Ia menjelaskan, Penyerahan SPT tahunan melalui e-filing ini dapat dilakukan langsung dengan mengunjungi situs http://www.pajak.go.id/content/penyampaian-surat-pemberitahuan-online-efiling. Sebelum registrasi melalui e-filling, WP harus memiliki e-fin terlebih dahulu. E-fin ini dapat didapatkan dengan datang langsung ke kantor perwakilan pajak wilayah setempat atau secara online melalui www.pajak.go.id.(ak)